blog by anindita: Resep : Choco Molten Pudding

Friday, 6 February 2015

Resep : Choco Molten Pudding

Siapa yang nggak suka dessert? Well, at least saya adalah salah satu penggemarnya, apalagi kalau terbuat dari bahan dasar cokelat. Bulan lalu saya kembali mencari-cari inspirasi resep melalui website  Sahabat Nestle Indonesia sebenarnya resep ini sudah saya kompilasi dari beberapa tahun yang lalu. Ya, hobi saya adalah mengkoleksi resep namun terkadang terlalu malas untuk benar-benar turun ke dapur dan mencoba membuatnya. Tapi sekarang saya sudah berjanji ke diri sendiri, mau mulai rajin mengasah keterampilan di dapur, karena pada dasarnya saya senang sekali mencoba hal-hal yang baru.

Kali ini saya mencoba resep choco molten pudding. Pada dasarnya ini mirip dengan choco lava melted, kue cokelat lembut dengan lelehan cokelat di bagian tengahnya. Gampang-gampang susah membuatnya karena kalau kelamaan di oven, bisa jadi keras semua bagian kuenya (cenderung menjadi brownies atau kue bolu panggang). Ini dia resepnya.

Choco Molten Pudding
Bahan :
200 gr dark cooking chocolate
100 gr unsalted butter
75 gr gula pasir
3 butir telur suhu ruangan, pisahkan kuning dan putihnya
1 sdt vanilli bubuk / pasta vanilli
2 sdm tepung terigu all purpose
2 sdm susu bubuk

Cara Membuat :
1. Tim cokelat, butter, susu bubuk pada mangkuk tahan panas, taruh diatas panci yang sudah diisi air, pastikan mangkuk terendam air hingga setengah badan (air jangan sampai masuk ke dalam adonan). Tim hingga meleleh
2. Kocok kuning telur dan gula hingga larut dan mengental, gunakan mixer
3. Masukkan cokelat tim kedalam adonan kuning telur tersebut, aduk hingga rata
4. Masukkan terigu dan vanilli, aduk rata
5. Kocok putih telur hingga kaku dan mengembang, masukkan kedalam adonan dan aduk hingga rata
6. Tuang adonan kedalam loyang alumunium yang sudah diolesi mentega (saya menggunakan loyang alumunium bundar ukuran sedang / kira-kira sebesar loyang cupcake ukuran sedang)
7. Panggang dalam oven suhu 180 celcius selama 15 menit (tergantung dari oven masing-masing, hingga adonan tampak mengeras bagian atas dan jika ditusuk dengan lidi, dalamnya terasa moist atau lembap)

Saran Penyajian :
Sajikan selagi masih hangat, dapat ditambahkan dengan 1 scoop es krim, atau whipped cream (krim kocok)

Pastinya anak-anak sangat suka dengan kue ini, terutama bagi Ziya yang memang sangat gemar dengan makanan berbahan dasar cokelat. Happy Baking ! Let me know if the recipe really works for you ya mommies.

chop chop the chocolate

look at that butter and chocolate, waiting to be melted

take a closer look

ready to be melted

yellowy yolk
mix it together
ready to be filled with chocolate
in to the oven
surprisingly melted

see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

No comments:

Post a comment