blog by anindita: Bermain Dengan Busy Book : Ide Kegiatan Sensory Play Untuk Anak Di Rumah

Sunday 20 November 2016

Bermain Dengan Busy Book : Ide Kegiatan Sensory Play Untuk Anak Di Rumah


Semua anak tentu senang bermain, baik itu di dalam rumah, di luar rumah, di sekolah, di tempat rekreasi dan sebagainya. Saya pribadi lebih senang mengajak anak-anak untuk bermain di dalam rumah, selain lebih irit *penting ini makk, tentunya juga kita bisa mengawasi langsung jenis permainan yang dimainkan oleh anak anak kita. Kali ini saya mau membahas tentang Busy Book sebagai salah satu ide untuk kegiatan Sensory Play dengan anak yang dapat kita lakukan di rumah.

Sensory Play Itu Apa?
Sensory Play adalah bentuk permainan yang dapat mendorong atau meningkatkan pertumbuhan kognitif karena dapat menstimulasi berbagai panca indera manusia seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, perabaan hingga pengecapan. Sehingga manfaat dari permainan ini tentunya sangat besar bagi tumbuh kembang buah hati kita. Dan merupakan salah satu tugas kita sebagai orang tua untuk dapat memfasilitasi kegiatan tersebut.

Bermain Busy Book
Sesuai dengan namanya, Busy Book dimaksudkan untuk memberikan kesibukan bagi anak-anak melalui berbagai jenis pemainan yang menarik. Tetapi ini bukan sembarang permainan, melainkan dapat menstimulasi kognitif anak karena termasuk sebagai kategori Sensory Play. Busy Book ini sangat cocok dimainkan untuk anak usia 9 bulan hingga 4 tahun. Namun sebagai orang tua tetap harus mengawasi anak ketika bermain ya. Apa saja isinya? Ada banyak macamnya, dapat kita temukan di toko buku maupun online store namun biasanya Busy Book ini berisi berbagai macam jenis permainan dalam satu buku.


1. Permainan Menjahit (Lacing)
Terdiri dari beberapa kartu dari kertas karton yang sudah dilubangi dan tali sepatu. Adapun tujuannya untuk melatih motorik anak dengan cara memasukkan tali sepatu kedalam lubang pada tiap kartu yang tersedia, persis seperti menjahit. Kartu yang disediakan juga menarik, mengenai cuaca, ada gambar awan, pelangi, matahari, bulan dan bintang. Kita dapat mengenalkan tentang konsep dasar cuaca kepada anak-anak sambil melatih koordinasi motorik halus dan konsentrasi.


2. Bermain Rantai Flanel (Meronce / Threading)
Terdiri dari beberapa potong kain flanel warna warni dengan ujung tiap kain sudah dipasang velcro yang dapat merekatkan antar kain flanel. Anak diminta untuk meronce (threading) kain flanel membentuk ring berurutan hingga membentuk rantai. Tujuannya untuk melatih koordinasi mata-tangan, konsentrasi dan motorik halus anak. Selain itu juga cocok untuk mengenalkan konsep warna pada anak.



3. Merangkai Manik Gelang (Meronce / Threading)
Terdiri dari beberapa kawat bulu dan manik-manik aneka warna. Merupakan jenis permainan meronce / threading memasukkan manik-manik ke dalam kawat bulu, bisa untuk dibuat gelang, kalung atau dekorasi lainnya. Tujuannya untuk melatih koordinasi mata-tangan, konsentrasi, dan motorik halus anak. Kita juga dapat mengenalkan konsep warna, misalnya meminta anak memasukkan manik-manik hanya yang berwarna merah saja, dan seterusnya. Ohya, kita perlu mengawasi anak ketika bermain ini ya karena ukuran manik-manik yang cukup kecil dan menghindari bahaya tertelan oleh anak.


4. Es Krim Potong (Matching)
Terdiri dari 8 pasang, stik es krim dan kain flanel berbentuk es loli. Cara bermainnya adalah dengan mencari pasangan warna yang tepat antara stik es krim dengan kain flanel berbentuk es loli. Tujuannya untuk mengenalkan konsep warna dan melatih konsentrasi. Selain itu dapat digunakan untuk pretend play, saya biasanya pura-pura menjadi penjual es loli dan anak-anak menjadi pembelinya, kadang saya lengkapi dengan "uang" dari kertas lipat warna warni. Seruu deh..hihihi


5. Pompom & Kartu Angka (Counting)
Dilengkapi dengan sejumah pompom aneka warna dan kartu bertuliskan angka dari 1 hingga 10. Permainan ini merupakan menghitung jumlah benda (pompom) sesuai dengan bilangan angka yang tertera pada kartu. Selain itu juga mencocokkan warna pompom sesuai dengan warna angka pada kartu. Sangat bagus untuk mengajarkan matematika dasar, seperti penjumlahan dan pengurangan, juga untuk sensori dasar seperti pengenalan warna. Kita dapat menyesuaikan dengan usia anak dan mengatur tingkat kesulitannya.


6. Mencocokkan Kartu (Memory)
Terdiri dari beberapa set kartu bergambar hewan. Permainannya berupa mencocokkan gambar hewan yang sama dari sejumlah kartu yang disediakan, seperti memory game. Tujuannya untuk melatih ingatan anak, koordinasi mata-tangan dan dapat juga digunakan untuk mengenalkan hewan.


5 Prinsip Dasar Sensory Play
Beberapa aturan dasar dan sederhana dalam sensory play, diantaranya :
  1. Mulai dari yang disukai anak, diharapkan agar anak mudah menyukai permainan yang ditawarkan
  2. Pemberian struktur : jika anak terlihat sudah menguasai, dapat ditingkatkan lagi kesulitannya
  3. Mengajak bermain : anak tidak dapat dipaksakan jika terlihat sedang tidak mood untuk bermain, tunggu beberapa waktu kemudian ajak kembali
  4. Jangan menyerah : terkadang anak terlihat tidak sabaran dalam mencoba permainan, jangan bosan untuk mengulangnya lagi lain waktu hingga anak dapat menguasi permainan
  5. Fleksibel : jangan kaku seperti guru yang galak, bersikap fleksibel saja, toh permainan ini dimaksudkan untuk bermain sambil belajar
Kita bahkan bisa kok membuat sendiri beberapa permainan diatas, cukup dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Lagipula, permainan seperti ini bisa meningkatkan bonding antara anak dengan orang tua, dan dapat menjadi alternatif permainan selain hanya bermain gadget di rumah. Have fun dan selamat bermain dengan si buah hati yaa mom..

Inspirasi Tulisan 
http://elhanalearningkit.com/manfaat-sensory-play-untuk-balita


See ya on my next post
Do not copy and paste photo without permission !

12 comments:

  1. Wah kayanya gw harus beliin ini buat Keenan deh. Biar dia gak pecicilan mulu.

    Makasih udah sharing....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, tapi klo anak2ku tetep aja rame karena rebutan pengen mainin.. :D

      Delete
  2. adik aku udah gede buat main busy book. Tapi aku nya tetap kekeh pengen beli. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya seru ya mainan busy book, akupun seneng mainin juga

      Delete
  3. bagus banget ni mak, udah manfaatnya banyak, bikin anak betah ya..el hana kit-nya beli dimana mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. el hana kit bisa dibeli online di webnya mak.. ada infonya di blogpost aku bagian paling bawah..(sumber tulisan)

      Delete
  4. Wah iya nih mba bisa bikin sendiri busy book sperti ini, makasih ya sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa buat ide bikin permainan sendiri di rumah...

      Delete
  5. Selain seru bermain busy book bisa melatih anak untuk konsentrasi dan fokus ya, Gibran juga suka main busy book :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ini aja masih pada rebutan mainin, termasuk emaknya :D

      Delete
  6. Mantaff dehhmbaaa..artikenyaaa...sukses

    salam blogger

    ReplyDelete