blog by anindita: Video Campaign for Wyeth Parenting Club

Tuesday 11 October 2016

Video Campaign for Wyeth Parenting Club


Pertama kali ditawarin sama Mba Mira, mau daftar gak nih buat jadi talent video campaign dari Wyeth? Tanpa pikir panjang, setelah melihat syarat-syaratnya, langsung deh cuss ikutan daftar. Jujur aja, ga berharap banyak bakal kepilih jadi talentnya, wong yang daftar diantaranya : selebgram, blogger maupun influencer senior yang udah top markotop deh followernya. Sampai tibalah kabar Whatsapp dari Mba Mira pada suatu malam, jreng jreng...Alhamdulillah ternyata saya berkesempatan untuk ikut ambil bagian dalam video campaign dari Wyeth.

Kemudian perasaan berikutnya yang muncul adalah : Gugup ! Iya gimana nggak, secara lebih detail Mba Mira ngasih "contekan" (lebih ke arah guide sih sebenarnya) beberapa list pertanyaan yang akan ditanyakan dan kita diminta untuk memberikan jawaban sesuai dengan pengalaman kita sendiri, sebagai seorang ibu tentunya. Jadi, sebenarnya skrip terbangun dengan sendirinya dari jawaban-jawaban yang dituturkan oleh si Ibu (seperti model interview / ngobrol santai). Kenapa saya harus gugup sih? Toh pertanyaan yang diajukan juga bukan hal yang belum pernah saya alami, sebagian besar adalah pertanyaan umum yang rata-rata para Ibu pasti sudah pernah mengalaminya. Saya gugup karena bagaimanapun ini baru pertama kalinya ditawari menjadi talent video campaign, dan dari Brand yang cukup punya nama besar. Tentu saya gak boleh bikin malu dong ah. Selama ini di kantor, paling mentok jadi talent video rekrutment, atau video tanggap darurat (yes, saya jadi talent yang ngumpet di kolong meja, saat itu skripnya tentang tanggap darurat kondisi gempa bumi). Hahaha, boleh loh kalau mau ketawa.

Oke, dari pengalaman pertama saya syuting Video Campaign yang dikelola secara profesional, saya mau sedikit sharing mengenai the Do's and Dont's.

The Do's :
  • Datang minimal 15 menit sebelumnya, tujuannya agar bisa "mempelajari" area / lokasi syuting dengan lebih baik (saya sih biar mudah adaptasinya)
  • Perhatikan Dress Code yang sudah ditetapkan (jangan sampe saltum deh)
  • Siap dengan segala kondisi saat syuting, jaga mood kita dengan baik (misal : giliran syuting menjadi molor, atau syuting tidak berjalan dengan lancar)
  • Dengarkan Briefing dari Client sebaik-baiknya, kalau perlu catat poin-poin penting (agar tidak berkali-kali take adegan cyiinn)
  • Ingat baik-baik keyword yang diharapkan dari Client untuk kita ucapkan di video tersebut (kita harus inline dengan campaign dari brand yang meng-hire kita)
The Dont's :
  • Datang terlambat. No no no, selain akan gradak gruduk, bisa jadi kita kurang persiapan jadinya
  • Tidak Profesional. Meskipun bukan selebritis, atau selebgram, setidaknya bukan jadi alasan kita untuk tidak bersikap profesional, terlebih lagi jika ada Client yang ikut memonitor syuting kita.
  • Saltum. Karena beberapa motif baju / kerudung, akan menimbulkan efek "flicker" di kamera (misal, motif garis-garis kecil, kotak-kotak kecil, sebaiknya yang aman adalah motif polos dan berwarna kalem)
  • Tidak Mempelajari Skrip / terlalu banyak berimprovisasi. Sebenarnya improvisasi boleh saja, namun pada beberapa video campaign, ada exact keyword yang diharapkan di-delivered oleh talent sebaik mungkin, agar pesan yang ingin disampaikan, tercapture dengan baik. Jika terlalu banyak improvisasi, dikhawatirkan pesan yang diinginkan tidak tersampaikan dengan baik.

Kira-kira ini sih pengalaman saya syuting Video Campaign, dan sangat berkesan bagi saya (because ini pertama kalinya bagi saya). Untuk Videonya itu sendiri adalah Campaign tentang Wyeth Parenting Club, dalam rangka peluncuran website khusus membahas seputar Parenting, didalamnya terdapat banyak Tips-Tips seputar Parenting dan stimulasi perkembangan kepintaran si Kecil. Mau lihat hasil Video Campaign saya? Intip disinii... (maaf klo isinya penuh sama pipi sayaaa dan Thumbnail yang pas mata lagi sayuu)


Info Lebih Lanjut mengenai Wyeth Parenting Club, silahkan berkunjung ke :
Website : https://www.parentingclub.co.id/
Instagram : @parentingclubid
Twitter : @parentingclubid 


See ya on my next post
Do not copy and paste photo without permission !

27 comments:

  1. Tips paling penting, jangan lupa bawa cemilan & minuman selama nunggu hahahahah Plus temen2 yg menceriakan jadi biar bisa tetep ketawa meski nunggu dari pagi syuting baru sore XD Cantik kok Nin & ngga keliatan gedaa dibandingkan gueeeh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tuh tuh tuh.. pasti deh ya kita ngerasa diri kita bulet bulet empuk, padahal San aku ngeliat video kamu mah baguss.. cantik kok ga ada yg salah di mata akuuhh *bukan rayuan gombal *bukan komen endorse juga

      Delete
  2. Wah keren banget mba anin :D selamat ya :D btw, makasih udah share tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Hana... iya seru juga kemarin, untungnya banyak barengannya, jadi nunggu gilirannya gak krik krik.. :)

      Delete
  3. Hihihihih.. Betul kata Sandra. Ada temen nunggu juga penting tuh. Biar gak manyun sendirian. Hahahaha.. Bener yaaa baca skrip itu penting. Biarpun mulut jadi kriting kriwil gara-gara ngucapinnya tapi kudu tetep bisa keluar dengan baik dan jelas.

    Maacih ya Anin udah mau ikutan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Miraa.. akupun semacam ketagihan, wkwkwk.. Makasih yaa udah ditawarin waktu itu, jangan kapok yes...

      Delete
  4. Eciyehhh jd arteis yutub. Smg abis ini ada lg yaa. Hihi.. bner bgt kudu aiap cemilan, apalagi macam eyke yg bw bocah. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, kemarin krn cemilan dan makan siang disediain sama panitia, jadi ga aku tulis di tips :D wkwkwk tapi bener juga ya kudu prepare aja mana tau ga disediain..

      Delete
  5. Kereeen mba anin.. Bikin video gini sekalian ngelatih public speaking ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbaa, walopun deg-degannya ampun2an selama nunggu gilirannyaa

      Delete
  6. Wah asik dapet tips syuting dr Mba Anin :D

    ReplyDelete
  7. asek aseek kece banget sih kakak.

    btw ijin ngakak buat paragraf awal wkwkwkkw :p

    aku blm nonton. soon ko tonton yah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya Ifaahh silahkan ngakak, beneran terjadi itu yg paragraf awal.. hahahahah....

      Delete
  8. kece mbak Anin, langsung noted banget tips syutingnya *berasa mau diundang syuting besok* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, moga2 kecipratan rejeki syuting juga ya Gie..

      Delete
  9. Keren bangeeet mba Anin.. Gak kalah sama selebgram kok :D Kalo aku yg disuruh, kayaknya bakal grogi di depan kamera hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk aku mah segram duagram tigagram... hihihi aku bayangin Tia syuting sama baby zaki, pasti lucuu dan natural deh kmu kan kalem juga orangnyaa

      Delete
  10. Anin mah terlatih tenang pas syuting, plus tipsnya oke banget pulak

    ReplyDelete
  11. Anin mah terlatih tenang pas syuting, plus tipsnya oke banget pulak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. malah saking tenangnya macem orang ngantuk aja aku yakk

      Delete
  12. Keceee banget deh maaaak..

    Emang ya kalo apa2 tuh sebaiknya datang ontime atau bahkan lebih cepet aja sekalian biar gak rusuh dan lebih tenang menghadapi segalanya.. Azeeek.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bundoo, biar bisa mengantisipasi perubahan2 pas dateng di lapangan

      Delete
  13. Keceeeeehhh hihihi..

    Setuju sm anin sebaiknya dtg ontime..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup ! Ontime is the key, selain kita dapet giliran yang pertama, dateng ontime bikin kita jadi lebih adaptasi sama kondisi setting di lapangan :)

      Delete
  14. Wahhh kecehhhh deh, aku setuju banget deh soal on time.

    Aku juga biasanya kalau janji datang minimal 30 menit bahkan gak jarang sampe kecepetan 2 jam krn takut banget terlambat. Maklum rumah daerah macetttt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh Etu integritasnya kecee banget.. hehe sampe kecepetan 2 jam, tapi iya sih daripada telat kan ya..

      Delete