blog by anindita: Cara Mudah Merencanakan Liburan Dalam Negeri

Thursday, 27 October 2016

Cara Mudah Merencanakan Liburan Dalam Negeri


One True Story About Travelling
Satu minggu yang lalu, tepatnya sekitar minggu kedua Bulan Oktober 2016, kejadian kurang menyenangkan terjadi pada suami saya yang berkaitan dengan travelling. Jadi begini ceritanya, minggu lalu seharusnya adalah jadwal keberangkatan suami saya dan divisinya untuk kegiatan employee gathering. Semua persiapan sebelum hari-H sudah matang dan memang kantornya bekerjasama dengan sebuah travel agent untuk urusan gathering tersebut. Tibalah pada saat hari-H, rombongan sudah berkumpul pada salah satu terminal keberangkatan di bandara Soekarno Hatta. Disinilah "kesialan" itu terjadi. Ternyataa oh ternyataa..sang travel agent tersebut melakukan satu kesalahan fatal : tiket keberangkatan belum ready, alias belum ada yang issued, satupun. Bayangkan, rencana terbang dengan first flight, sudah berangkat dari sebelum subuh, semua perlengkapan sudah masuk koper, ternyata batal berangkat pemirsa! Lesson learned dari kejadian tersebut adalah mengenai persiapan yang matang dalam merencanakan liburan.

Travelling Should Be Easy and Simple
Di jaman millenial sekarang ini, dimana semua hal telah dipermudah dengan kehadiran internet, seharusnya sih cerita seperti diatas hampir kecil kemungkinan terjadinya. Human error dan kurangnya persiapan, adalah salah satu faktor utama penyebabnya. Lalu biasanya persiapan seperti apa yang harus dilakukan dalam merencanakan liburan, terutama untuk destinasi dalam negeri (domestik). Simak terus yaa..

1. Cek Kalender Liburan
Jangan cuma cek kalender kalau pas mau gajian aja yaa (*ehh..) Biasanya menjelang akhir tahun, sudah banyak tuh beredar Kalender Liburan untuk tahun depan. Contohnya nih sudah ada Kalender jadwal libur dan cuti tahun 2017. Dari sini kita bisa mulai merencanakan liburan, durasinya, perkiraan cuti dan sebagainya.
Sumber : http://travelmore.co.id/

2. Rencanakan Destinasi dan Anggaran Liburan
Kan sudah tau nih incaran tanggal liburan yang mau kita ambil, mulai deh kita browsing destinasi wisata dan daerah yang mau kita kunjungi untuk berlibur. Kalau saya pribadi lebih senang berlibur dalam negeri, karena Indonesia itu luas banget dan rasanya sayang aja kalau belum menjelajahi dan menikmati keindahan negeri sendiri. Setelah menentukan destinasinya, selanjutnya mulai deh hitung-hitung anggarannya. Inilah gunanya persiapan jauh-jauh hari, supaya kita ada kesempatan untuk menabung anggaran liburan kita. Sudah capek-capek kerja, sah-sah aja kok kalau mau memberikan hadiah liburan untuk diri kita sendiri, atau bahkan dengan teman-teman atau keluarga tersayang. Dan biasanya nih, kalau merencanakan liburan dari jauh-jauh hari, banyak promo yang menguntungkan untuk kita. Dapet liburnya, dapet hematnya deh.

3. Manfaatkan Sistem Online Booking
Gak mau kan sampai kejadian seperti suami saya dan rombongan satu divisinya, gagal berangkat karena urusan tiket pesawatnya belum beres (*jangan sampe terulang deh). Hari gini, rugi deh kalau tidak memanfaatkan kemudahan sistem online booking. Dengan sistem tersebut, kita sebagai customer dimudahkan dengan berbagai pilihan maskapai penerbangan, dari mulai cek harga, pilihan destinasi perjalanan, fasilitas yang ditawarkan selama perjalanan, hingga dapat memantau status booking tiket pesawat kita (bagian ini yang paling penting). Mudah dan nyaman tentunya.

Mudahnya Travelling dengan Sriwijaya Air
Masakapai ternama satu ini tentunya sudah menerapkan sistem Sriwijaya Air online booking pada website resmi mereka maupun pada website Online Travel Agent (OTA). Seperti yang sudah saya singgung diatas, dengan sistem online booking, konsumen dapat mengetahui harga tiket online Sriwijaya Air sesuai rute, hingga kemudahan dalam memilih metode pembayaran.

Sumber : disini

Selain itu, beberapa keuntungan lainnya dengan memanfaatkan sistem online booking, antara lain :

1). Informasi up to date
Dapatkan informasi up to date dengan mengecek website resmi Sriwijaya Air. Seperti contohnya, pada Bulan September 2016 yang lalu Sriwijaya Air baru saja mengumumkan penambahan rute penerbangan mereka diantaranya :
* Rute Denpasar-Jogja
* Rute Makasar-Denpasar
* Rute Jakarta-Muara Bungo, Pulang-Pergi
* Rute Denpasar-Labuan Bajo, Pulang Pergi
* Rute Jakarta-Danau Toba, Tersedia penerbangan 2 kali dalam 1 hari
* Rute Surabaya-Berau
* Rute Surabaya-Sampit, tersedia penerbangan setiap hari

2. Informasi promo
Terkadang kita bisa mendapat promo menarik yang berlaku untuk metode pembayaran tertentu dari bank-bank tertentu yang mengadakan kerjasama dengan pihak Online Travel Agent (OTA), misal : promo tiket murah, program cashback, hingga penawaran cicilan 0%. Jangan sampai lewatkan informasi tersebut ya, lumayan kan bisa hemat pengeluaran. 

3. Lebih fleksibel
Kita sebagai konsumen tentunya lebih fleksibel dalam menentukan dan memilih jadwal hingga rute penerbangannya, sehingga merencanakan liburan menjadi lebih mudah lagi.

4. Proses cepat dan nyaman
Menghemat waktu anda. Dengan online booking, kita tidak perlu lagi repot antri di bandara, atau bermacet-macetan di jalan untuk pergi ke travel agent. Sibuk dan tidak punya waktu banyak? Manfaatkan saja kemudahan online booking. 

Cara Booking Online Tiket Sriwijaya Air
Beberapa cara berikut ini dapat kita coba untuk melakukan booking tiket Sriwijaya Air secara online, antara lain :

1. Melalui Online Travel Agent (OTA)
Sumber : disini
  • Pilih rute Sriwijaya Air sesuai tujuan yang diinginkan pada bagian "kota tujuan"
  • Booking dengan melengkapi data penumpang
  • Pilih metode pembayaran
  • Setelah melakukan pembayaran, e-ticket akan dikirimkan via alamat e-mail yang telah kita cantumkan saat pengisian data penumpang

2. Melalui website resmi Sriwijaya Air
Sumber : disini
  • Masuk ke website resmi Sriwijaya Air : www.sriwijayaair.co.id
  • Masukkan informasi kota tujuan, anda akan mendapat kode booking dan kode pembayaran
  • Pilih metode pembayaran : bisa melalui ATM (resi pembayaran diperlukan sebagai bukti), kartu kredit, maupun internet banking
  • E-ticket akan kita terima via email setelah melakukan pembayaran

Jadi, sudah siap berlibur kemana nih? Ditunggu yaa cerita-cerita serunya seputar liburan :)

Baca juga : 3 Alasan Utama Mengapa Kita (Saya) Butuh Staycation


See ya on my next post
Do not copy and paste photo without permission !

20 comments:

  1. Wkwkwk. Yg cek tanggal aku banget, Mbak. Baru liburan uda ngecek lagi. :p

    ReplyDelete
  2. waaah...travel agent nya aneh bgt, masa dy gak inget utk issued tiket :(

    ReplyDelete
  3. Ya ampun nyesek bgt pasti gagal liburan gara2 itu :( persiapan kudu mateng bgt yaah mba, supaya gak ada yg skip hihi makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kasian udah bangun dari dini harii ga jadi berangkat.. gpp pasti ada hikmahnya :)

      Delete
  4. bener-bener pelajaran untuk memperhatikan hal kecil yang tenyata fatal. Apalagi menyangkut orang banyak, btw kalau ada post beginian langsung deh mupeng nentuin tanggal liburan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener banget gie.. itu rada teledor banget sih pihak travelnya menurut aku

      Delete
  5. Setuja makin lama merencanakan makin mureh tiketnya :D

    ReplyDelete
  6. Sekarang beli tiket pesawat lebih enak karena banyak tawaran dilapak2 online dengan harga bersaing, jadi bisa dibandingin murah apa ngga.. Dan persiapan buat liburan emang penting banget, jgn sampe bete gegara harusnya udah brangkat taunya tiket ada masalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah San.. antara bete sama lega sih.. bete ga jadi berangkat , tapi lega, krn mungkin aja ada apa2nya juga klo tetep berangkat yah... jadi pelajaran banget sih kemarin itu..

      Delete
  7. Tiap kali mau ada travel fair.. Pasti beredar "jadwal piknik". Jadinya di pelototin deh tuh kalender. Hahahah.. Dulu kalo pas anak belom sekolah, yg dipikirn cuma bapaknya doang buat ambil cuti. Sekarang.. Mikirin jadwal sekolah juga. Makin mumet. Hahahahahah.

    Jadi inget.. Pengen liburan sekeluarga blom kesampean juga. Baru bisa staycation doang di jakarta. Semoga bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya nanti klo anak2ku udah pada sekolah, bakal rempong jadwalin liburan yahh.. hihihi

      Delete
  8. Naik sriwijaya ini enak dapat makan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull..hehehe salah satu andalan saya juga utk penerbangan domestik :)

      Delete