blog by anindita: Sensory Play : Water Beads

Saturday, 29 August 2015

Sensory Play : Water Beads

Permainan yang paling disukai oleh anak-anak biasanya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Bulan lalu, saya dan beberapa teman di kantor berniat membeli maian edukasi anak, tujuannya kita mau membuat permainan ala-ala sensory play. Jadilah saya membeli Water Beads. Apa sih water beads itu? Bahasa gampangnya, ini adalah semacam kelereng air. Bentuk awal sewaktu kering adalah sebesar butiran manik-manik seperti biasa ditemukan di payet-payet pakaian. Untuk menjadi full size water beads, produk harus direndam dalam air selama kurang lebih 4 jam (instruksinya ada di dalam tiap kemasan mainan)

sebelum direndam air, sebesar manik-manik

rendam selama 4 jam dalam air yang cukup banyak
setelah direndam 4 jam, sudah sebesar kelereng

Water Beads ini sendiri sudah banyak ditemukan di pasaran. Pastikan anda memilih produk yang aman dan tidak beracun bagi anak-anak. Karena diluar sana banyak produk sejenis yang menggunakan pewarna buatan dan tentunya tidak aman untuk dimainkan oleh anak-anak kita moms. Sekedar tips untuk membedakan mana produk yang menggunakan pewarna yang aman dan mana yang tidak adalah ketika produk direndam dalam air, jika menggunakan pewarna buatan, biasanya air sisa rendaman akan luntur dan berwarna. Jika air sisa rendaman tetap jernih dan bening seperti kondisi awal air dituang, bisa dipastikan Water Beadsnya aman dari kimia-kimia pewarna yang berbahaya. Ohya, yang bisa menjadi pembeda selanjutnya adalah, kalau yang menggunakan pewarna tidak aman, biasanya warna beadsnya terlalu gonjreng. Bisa dilihat pada foto saya diatas, warna-warna yang soft dari beadsnya menandakan pewarna yang digunakan bukan dari bahan yang berbahaya.

Apa sih gunanya sensory play dengan menggunakan water beads ini? Well, banyak moms kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari permainan tersebut :
  • Anak belajar mengenal tekstur (water beads mudah digenggam dan bahkan bisa diremas hingga hancur, sehingga melatih motorik kasar anak)
  • Warna-warni pada water beads bisa mengajarkan anak tentang warna dan belajar sorting warna (memilah beads berdasarkan warnanya)
  • Mengajarkan anak pada permainan mudah berhitung. Ini bisa diajarkan secara simpel, seperti menghitung sampai 10, mengelompokkan beads hingga sejumlah tertentu sesuai angka yang ingin kita ajarkan pada anak
  • Melatih kesabaran anak. Tentunya ketika bermain mensortir warna dan jumlah, anak diajarkan untuk telaten memisah-misahkan beads berdasarkan kategori warna tertentu

Tentunya masih banyaaak sekali keuntungannya... Nah, persiapan untuk bermainnya itu sendiri cukup simple sebenernya moms. Peralatan yang saya siapkan waktu itu adalah :
  • Ember plastik sedang, biasa kita pakai untuk mencuci pakaian
  • Bola-bola plastik
  • Air untuk mengisi ember
  • Ember kecil dan sendok plastik (biasanya peralatan ini untuk bermain pasir)
  • Water Beads

Setelah semua perlengkapan sudah disiapkan, saya isi ember dengan air secukupnya, cemplungkan semua bola-bola plastik yang ada ditambahkan dengan water beads yang tentunya sudah direndam terlebih dahulu sehingga sudah mengembang dalam ukuran sebesar kelereng. Selain bola plastik, moms bisa cemplungkan mainan plastik apapun kesukaan anak-anak. Ide permainannya mudah saja, mintalah anak untuk "memancing" water beads menggunakan ember kecil dan sendok yang sudah disiapkan. Bagi AZA yang sudah lebih besar (4 tahun), sudah bisa saya instruksikan untuk memilah water beads berdasarkan warnanya. Hal ini bagus moms, untuk melancarkan anak mengenal beragam jenis warna sekaligus melatih motoriknya. Bagi IZI yang masih kecil (18 bulan), well instruksinya jauuh lebih simple, ambil sebanyak mungkin water beads yang bisa didapat...hihihi, dia senang sekali :)

Berhubung tekstur water beadsnya juga kenyal seperti jelly, jadi anak kita bisa belajar motorik halus juga, seperti melatih gerakan meremas, menggenggam, mencubit, dan sebagainya. Ohya, karena water beads ini bentuknya seperti jelly, pastikan juga kita selalu mengawasi anak kita sepanjang mereka bermain ya. Namanya juga anak-anak, meskipun bahan yang digunakan aman dari kimiawi, tapi sebaiknya juga jangan sampai dimasukkan kedalam mulut, terutama bagi anak-anak kita yang masih batita.

IZI, yang sedang gemas melihat water beadsnya, langsung dipencet-pencet :)
AZA, sedang mensortir hasil "pancingan"

Have fun playing with the kids :)


see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without permission

4 comments:

  1. wahh bagus yaaa
    warna warni, bermanfaat
    ini namanya main sambil belajar juga yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betul, bagus bgt ini mainannya, aman utk anak2 bs main sambil belajar

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mba kalo kemakan baby usia 9bulan.. aman ga ya??? Udh d masukin dlu k air... smpet baca2 katanya menyebabkan kematian.. jdi gelisah...

    ReplyDelete