blog by anindita: UANGKU : Kini Kegiatan Social Shopping Menjadi Lebih Mudah

Thursday, 5 January 2017

UANGKU : Kini Kegiatan Social Shopping Menjadi Lebih Mudah


Assalamualaikum 2017! Apa kabarnya pemirsa sekalian? Berhubung masih dalam semangat tahun baru, pastinya banyak resolusi yang mulai direncanakan untuk dilakukan. Saya pribadi sih tidak punya resolusi spesifik, hanya satu saja yang konsisten saya coba terapkan yaitu selalu mencoba dan belajar hal baru, yaa hitung-hitung untuk menambah pengalaman lah. Nah, berbicara mengenai hal yang baru, saya mau sharing nih mengenai pengalaman Social Shopping atau berbelanja online menggunakan aplikasi UANGKU. Apa itu UANGKU? Penjelasan detail bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya disini.

Pengalaman Baru Berbelanja
Biasanya kalau saya berbelanja online, setelah pilih-pilih barang, misalnya di Instagram, hal selanjutnya adalah menghubungi nomor kontak yang tertera pada situs online tersebut. Saling chat ini itu, minta detail nomor rekening dan total yang harus dibayarkan, kemudian saya melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran, ngasih kabar lagi ke penjualnya, pengecekan pembayaran, terus udah deh tinggal menunggu barang pesanan kita tiba di tujuan. Transaksi seperti ini dijamin aman? Ternyata nggak! Tercatat sudah banyak kasus penipuan belanja online, entah si penjual tidak kunjung mengirim barang yang kita pesan, atau sebaliknya, si pembeli mengaku sudah melakukan pembayaran padahal sih belum.

Dengan menggunakan UANGKU, hadir sebagai pihak perantara antara pembeli dan penjual dimana rekening yang digunakan adalah rekening bersama. Pembayaran akan diterima oleh penjual jika si pembeli sudah menerima barang pesanannya. Bahkan ada jaminan uang kembali. Bagi saya, ini merupakan pengalaman baru berbelanja, karena pastinya lebih aman dan terpercaya.

jaminan uang kembali loh

Cara Berbelanja Menggunakan UANGKU
Ribet gak sih pake UANGKU? Ternyata mudah dan praktis. Kebetulan kemarin saya baru saja berbelanja dan melakukan pembayaran menggunakan UANGKU. Pas lagi browsing di Instagramnya Pepperplum, saya ngeliat ada casing Iphone 5S yang memang lagi saya perlukan, casing sebelumnya pecah retak, maklum deh abis dimainin sama bocah balita, hehehe... Berhubung saya orangnya seneng yang simpel, ta-daaa jadilah casing model ini yang saya pesan, harganya Rp. 70.000,- plus ongkir daerah Jakarta menjadi RP. 79.000,-

beli di @pepperplum

Kemudian saya chat deh admin penjualnya, menginfokan bahwa saya mau melakukan pembayaran menggunakan UANGKU. Rupanya penjualnya juga sudah cukup familiar dengan fitur pembayaran seperti ini. Caranya bagaimana sih? Langkah pertama pastinya adalah memastikan kita sudah menginstall pada smartphone. Bisa dicek di Play Store (Android) maupun App Store (iOS) dengan keyword : UANGKU. Jangan lupa mendaftarkan nomor handphone yang kita gunakan untuk bertransaksi. Setelah itu, langkah selanjutnya kurang lebih seperti ini :
  1. Setelah sukses registrasi nomor hp, pastikan kita melakukan Top-Up Saldo. Bisa banyak cara, walk-in ke Galeri Smartfren bayar secara cash, atau via transfer melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking bahkan SMS Banking juga bisa.
  2. Infokan ke penjual bahwa kita menggunakan pembayaran via UANGKU.
  3. Menunggu notifikasi dari UANGKU berupa Payment Request.
  4. Buka menu Payment Request, cari pembayaran yang masih status pending, periksa detail pembelian kemudian klik Pay Now.
  5. Begitu barang sudah tiba dengan baik, kita melakukan konfirmasi Release Now pada menu payment request agar si penjual menerima pembayaran yang kita lakukan.
Praktis kan, bahkan kita tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, misalnya mengirim screenshot payment karena semua konfirmasi dilakukan oleh UANGKU. Tinggal menunggu barang kita dikirim sama si penjual deh. Ohya, kalaupun kita lupa meng-klik Release Now setelah barang diterima, jangan khawatir, dalam jangka waktu 7 hari sejak barang dirikim, pembayaran tetap akan direlease otomatis ke penjual.

halaman menu utama, berisi riwayat top-up yang kita lakukan
1. chat dengan pembeli (pilih barang)
2. dapat notifikasi payment request
3. buka UANGKU, klik payment request, cari di bagian tab Pending
4. klik Pay Now
5. status berubah menjadi Done
6. di menu payment request, status pembayaran berubah menjadi paid

Nah, kira-kira seperti ini deh step by stepnya. Saya tinggal duduk manis sambil menunggu barang kiriman datang. Menurut saya, cara berbelanja seperti ini memberikan pengalaman baru yang tentunya jauh lebih aman dan terhindar dari penipuan.

The Plus and Minus
Poin Plus :
(+) Transaksi aman, terhindar dari penipuan baik itu sebagai pembeli maupun penjual
(+) Praktis, tidak perlu konfirmasi pembayaran
(+) Bisa dilakukan dimana saja kapan saja
(+) Sering ada promo diskon hingga cashback
(+) Fitur lainnya cukup lengkap, misal isi pulsa, beli token listrik, bayar tagihan, dll

Poin Minus :
(-) Belum ada menu Payment Request pada iOS (iphone) sejauh ini baru ada di Android
(-) Ada limit maksimal untuk melakukan top-up (kalau tidak salah Rp. 1 juta) harus daftar lagi ke Galeri Smartfren
(-) Belum banyak merchant online yang berafiliasi dengan UANGKU

Dari semua hal diatas, secara keseluruhan aplikasi UANGKU layak diacungi jempol, karena setidaknya semakin banyak alternatif bagi kita sebagai pembeli maupun penjual untuk memilih metode transaksi berbelanja online yang aman sehingga keuntungan bagi kita untuk terhindar dari penipuan. Sesuai slogannya UANGKU nih, #FUNanciallyBetter ! Yuk belanjaaa, mumpung awal tahun biasanya masih banyak diskonan :)



See ya on my next post
Do not copy and paste photo without permission !

4 comments:

  1. Yehooo, akhirnya anin kembali, hihihi. Ahhh casing hape oke juga ya, pankapan mau celi aahhh, hahaha. *anaknya latah*

    ReplyDelete
  2. Casing hp ku yang bening juga udah mulai butek nih. Jd inget buat beli. Hihi. Aku suka keamanan transaksi pakai uangku :D

    ReplyDelete