blog by anindita: Wisata Malang Jawa Timur (Part 1) : JATIM Park 2 & Batu Secret Zoo

Saturday, 5 December 2015

Wisata Malang Jawa Timur (Part 1) : JATIM Park 2 & Batu Secret Zoo

This is my super late post. Sudah lama tidak sempat membuka Blog, padahal banyak postingan yang ingin saya tuangkan. Oke, kali ini saya akan membagi pengalaman Travelling sekitar Bulan September 2015 ke Malang, Jawa Timur, dengan membawa 2 Balita, without nanny of course, just the 4 of us : me ,husband and kiddos :)

Mengapa kami memilih destinasi ke Malang, Jawa Timur? Simply because jarak tempuh yang tidak terlalu jauh menggunakan pesawat, dan udara yang sejuk di Batu Malang tentunya menjadi pertimbangan saya dan suami untuk berlibur sejenak dari penat dan sesaknya Jakarta, hehehe... Total wisata kami disana adalah 4 hari 3 malam. Hari pertama kami sebenarnya ke Surabaya terlebih dahulu, untuk mengunjungi Mbah Yangti, karena sudah bertahun-tahun tidak pulang kampung ke Surabaya (maaf yaah Yangti..) kemudian setelahnya kami menghabiskan liburan di Malang, karena kebetulan ada agenda ke sanak famili yang ada di Malang. Rencana berlibur yang sungguh padat dengan agenda silaturrahim, hehe why not, mumpung sekalian ambil cuti.

Oke, persiapan yang saya lakukan ketika membawa 2 balita travelling kurang lebihnya seperti ini :
  1. Pakaian : pelajari kondisi cuaca di tempat tujuan, karena mau ke Batu Malang, saya persiapkan jaket untuk anak-anak dan juga topi. Usahakan cermat membawa pakaian anak-anak, karena pasti memakan banyak tempat di koper.
  2. Popok sekali pakai : daripada koper saya penuh akan popok, saya hanya bawa untuk keperluan standar selama 1 malam, sisanya lebih baik menyempatkan ke minimarket dan membeli disana (kebetulan merk popok yg dipakai anak saya mudah ditemukan dimana saja)
  3. Susu : berhubung kedua anak saya masih doyan nyusu botol, yes..masing-masing anak saya bawa 2 botol susu, termos kecil, dan botol air ukuran 500 ml untuk membawa bekal minum. Jangan lupa bawa perlengkapan cuci botol, saya sih waktu itu hanya bawa sikat botol, dan sabun cuci botol di wadah kecil.
  4. Camilan : anak-anak terkadang bisa sangat moody di perjalanan, triknya, saya kenyangkan perut mereka, minimal bisa duduk anteng sambil pegang camilan
  5. Mainan / Buku : bawa apapun yang sekiranya bisa membuat anak kita tenang di perjalanan, mungkin mainan kesayangannya, atau buku bacaan favoritnya.
  6. Tiket Promo : sebelum berangkat, pastikan destinasi apa saja yang akan kita kunjungi selama berlibur, cari info sebanyaknya melalui internet, biasanya banyak promo menarik ketika kita memesan tiket masuk sebuah wahana melalui pembelian online ketimbang beli langsung di ticket boxnya.
  7. Obat-obatan & P3K : standarnya saya membawa obat panas, obat anti mabuk untuk anak-anak, antiseptik/betadine, plester luka (untuk jaga-jaga), dan karet. Karet banyak sekali kegunaannya, bisa untuk membungkus sisa snack, dan emergency lainnya.
Tujuan Wisata kami pertama-tama adalah ke Jawa Timur (JATIM) Park 2, didalamnya luaaas sekali, diantaranya ada Batu Secret Zoo, dan Museum Satwa. Untungnya saat itu kami datang hari weekdays, jadi tidak terlalu penuh sesak dan kami bisa santai menjelajahi semua tempat tanpa perlu mengantri panjang. Harga tiket masuknya adalah Rp. 105.000, anak-anak dibawah 85cm GRATIS biaya masuk. Jadi saya saat itu hanya membayar 3 tiket masuk. Cek referensi harga di sini

Sekedar tips bagi yang ingin menjelajahi seluruh area JATIM Park 2, sebaiknya dari pagi hari sekali, karena arealnya sangat luas, butuh seharian kalau ingin benar-benar menjelajahi semuanya sampai tuntas. Kalau membawa balita, sebaiknya gunakan stroller, it really helps loh. Dan saya salut sama pengelola areal wisata ini, sangat bersih, fasilitasnya sudah stroller friendly, sangat memudahkan pengunjung yang membawa kereta dorong :) The rest of the story, enjoy my pictures, i have lots of it..

Pohon Inn : alternatif menginap di areal JATIM Park 2
The Iconic Elephant Statue in front of Museum Satwa
gelang tiket

Dinosaur at Museum Satwa


i see pink flamingos !
theme park inside !
sea lion live show
little africa inside the zoo
water park, let's get wet !
they also have horror house, too bad i'm too scared to go inside >.<
savannah trip

there's lots of nice background to wefie/selfie at, hihi :)
boat cruising

Sungguh tempat wisata yang sangat asri dan menyenangkan, bersih, terasa menyatu dengan alam, bahkan beberapa kandang harimau, singa atau macan, hanya berupa kaca bening saja, terasa benar-benar seperti tidak ada jarak dengan para satwa yang ada disini. Sayang, tidak sempat memfoto banyak karena hanya mengandalkan kamera handphone dan saat itu sudah low battery. Definitely would come back here again with kiddos !

see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

4 comments:

  1. Persiapan maen sama balita ribetnya begitu, ya ....

    Baru tahu ada penginapan sekeren itu. :O
    Pohon Inn. Masuk bucket list sih pasti yang begituan.
    Dinosaurus, sungai, hutan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Reza, iya penginapannya keren banget, thematic seperti Rumah Pohon gitu, saya gak menginap disana sih, hanya melihat-lihat dari areal Batu Secret Zoo nya saja..
      Thank you for reading my blog ! :)

      Delete
  2. Batuuuu.. :(

    Temen ku yg di Surabaya ngajakin mulu ke sono, Mbak e.. Cumak ya sebagai anak kostan, nyari tiket kereta kok yo susah tenan.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari promo2 liburan aja kak biasanya banyak, bagus banget Batu, Malang dan sekitarnya.. :)

      Delete