blog by anindita: Resep : Homemade Chicken Nugget

Friday 3 April 2015

Resep : Homemade Chicken Nugget

Chicken Nugget atau nugget ayam saat ini sudah banyak sekali variannya, apalagi kalau kita pergi berbelanja ke Supermarket. Sebenarnya chicken nugget seringkali menjadi solusi praktis dan mudah bagi ibu-ibu di rumah ketika sedang kehabisan ide untuk lauk makan anak, apalagi kalau anaknya susah sekali makan dan picky eaters atau pemilih dalam hal makanan. Yup, contohnya ya anak saya yang pertama ini. AZA sangaaaaat pemilih dalam hal makanan. Apalagi kalau sedang gerakan tutup mulut, haduuhh emaknya bisa pusing sendiri mencoba membujuk AZA supaya mau makan. AZA tipe anak yang lebih senang ngemil ketimbang makan full menu / full 1 porsi makan yang sudah disediakan. Nah, urusannya dengan chicken nugget ini adalah menu yang seringkali dipilih terutama kalau sudah habis akal menawari AZA berbagai makanan yang sudah dimasak dirumah.

Tapi perlu diingat yah bu ibu sekalian, membeli chicken nugget dalam kemasan juga harus diperhatikan gizi dan zat-zat yang digunakan dalam pembuatannya. Yah, namanya juga makanan beku siap saji, setidaknya ada zat-zat tertentu yang digunakan agar makanan tersebut tetap awet walau disimpan lama dalam freezer. Karena kekhawatiran itulah yang membuat saya mulai membatasi membeli chicken nugget siap saji di supermarket, selain karena ingin membatasi asupan zat-zat kurang bermanfaat untuk anak-anak, saya juga ingin menyediakan makanan yang sehat bagi mereka, terutama kalau menu ini merupakan favoritnya mereka dirumah. Saya coba share resep home made chicken nugget disini, silahkan dicoba yah.

Resep Homemade Chicken Nugget
Bahan :
400 gr daging ayam giling
80 gr tepung terigu
10 gr tepung tapioka
10 gr tepung maizena
100 gr keju cheddar parut
2 butir telur ayam
1 sdt bawang putih giling
1 sdt bawang merah giling
1 blok kecil kaldu ayam (setara dengan 1/2 sdm kaldu ayam bubuk)
gula, garam, merica sesuai selera

Bahan Menggoreng :
3 butir telur
Tepung roti
Minyak secukupnya

Cara Membuat :
1. Pada mangkuk besar, campurkan ayam, semua tepung (kecuali tepung roti), telur, keju, bumbu giling, kaldu ayam blok, gula, garam dan merica.
2. Aduk rata hingga adonan menjadi tercampur semua dan tidak ada bagian menggumpal.
3. Siapkan dandang kukusan, panaskan airnya terlebih dahulu.
4. Siapkan loyang segiempat, alasi terlebih dahulu dengan alumunium foil, masukkan adonan kedalam loyang, ratakan, kemudian tutup / bungkus adonan dengan sisa alumunium foil agar tidak basah kena uap kukusan.
5. Masukkan loyang kedalam dandang kukusan, kukus hingga matang, kurang lebih selama 15-20 menit.
6. Setelah matang, keluarkan adonan nugget matang dari dandang kukusan, cetak / potong sesuai selera (saya menggunakan cookie cutter motif kupu-kupu).
7. Panaskan minyak, celupkan dulu nugget kedalam telur yang telah dikocok lepas, kemudian gulingkan ke tepung roti hingga rata, goreng sampai agak keemasan.

Tips :
- Untuk menambah selera makan anak-anak, cetaklah nugget yang telah dikukus menggunakan cookie cutter dengan berbagai bentuk lucu.
- Kalau tidak mau sekaligus digoreng semua, setelah nugget matang dari kukusan, cetak / bentuk sesuai selera, diamkan sebentar hingga dingin, kemudian simpanlah di dalam freezer, tepungi dan goreng pada saat ingin disantap.

setelah dicetak, siap digoreng
setelah matang



see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

4 comments:

  1. Bentuknya kupu-kupu.. Lucu yaaa.. :D Pastinya lebih sehat karena bikin sendiri. Tanpa pengawet :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul, lebih sehat kak tentunya karena kita tau bahan-bahan apa yang kita masukkin sendiri untuk membuatnya :)

      Delete
  2. mba anin salam kenal..

    btw klo gak lgsg digoreng perlu di celup ke telur dulu atau langsung ditaburi tepung roti aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tia salam kenal juga,
      Kalau mau disimpan dulu dan tidak langsung digoreng, begitu matang sehabis dari kukusan, tidak perlu dicelup ke dalam telur atau ditabur tepung roti. Jadi kalau habis dari kukusan sudah agak adem, bisa langsung masuk freezer. Tahap celupin telur dan tepung rotinya nanti kalau sudah pas mau disantap saja mba, jadi lebih awet lagi. Selamat mencoba ya mba :)

      Delete