blog by anindita: Hotel Review : IBIS Budget Semarang

Tuesday 14 April 2015

Hotel Review : IBIS Budget Semarang

Pekan lalu, tepatnya di hari Rabu hingga Kamis yang lalu saya dan rombongan tim dari kantor ditugaskan ke Semarang dalam rangka tugas kedinasan. Ini kali kelima kunjungan saya ke Semarang dan selalu dalam rangka tugas dari kantor. Padahal rasanya ingin sekali ke kota ini dalam konteks liburan bersama keluarga, tetapi belum pernah menemukan waktu yang pas, disaat saya bisa mendapat cuti, seringkali suami tidak bisa cuti, begitupun sebaliknya.

Semarang menurut saya terbilang kota yang cukup unik. Dengan pemandangan yang kontras antara kota lama / kota tua dengan kota yang perlahan mulai menunjukkan sisi modernnya. Perkantoran saya terletak di daerah Ronggowarsito, dekat dengan Pelabuhan Tanjung Mas. Sepanjang perjalanan menuju kantor dari Bandara Udara Internasional Ahmad Yani, saya melewati areal kota tua dimana sudah tidak terlalu banyak aktivitas yang terlihat cukup sibuk disana, karena memang mayoritas isinya hanya bangunan yang sudah tutup dan tidak ada penghuninya. Kalau pagi dan siang sebenarnya pemandangannya cukup cantik, bangunan tua yang perlahan mulai dirambati oleh tanaman dan perlahan menyatu dengan alam sekitarnya. Kabarnya, karena disini sering sekali Rob dan banjir, maka areal kota tua ini lambat laun mulai ditinggalkan dan tidak menjadi tempat utama untuk berbisnis.

Selama 2 hari saya di Semarang, baru kali ini pula berkesempatan menginap di Hotel IBIS Budget Semarang. Biasanya saya selalu menginap di Hotel Blambangan di daerah Jalan Pemuda, dekat dengan stasiun Kereta Api. Tetapi karena mayoritas teman-teman dari tim kantor kami menginapnya di Hotel IBIS Budget Semarang, jadilah saya mengikut saja dengan rombongan agar lebih mudah dalam urusan antar jemputnya.

Saya check ini pada tanggal 8 April dan check out pada tanggal 9 April karena sudah harus kembali bekerja di Jakarta. Padahal kalau diberi waktu yang lebih lama lagi, saya tidak keberatan, hehehe... Masih banyak daerah di Semarang yang belum sempat saya jelajahi, mungkin lain waktu bersama keluarga sekalian liburan kesini.

Ohya sekaligus saya ingin mereview mengenai Hotel IBIS Budget Semarang. Berhubung saya menginap menggunakan corporate rate, jadi mengenai harga tidak saya bahas disini yah :)

Sesuai dengan namanya, yaitu IBIS Budget, tentunya kamar yang disediakan memang minimalis. Saya sempat khawatir kalau kamarnya terlalu sempit, karena saya harus sharing berdua dalam satu kamar dengan teman kantor. Tapi ternyata diluar dugaan saya, kamarnya memang tidak terlalu luas, namun juga tidak sempit seperti yang sering dilabelkan orang bahwa Hotel IBIS pasti kamarnya sempit. Disini saya klarifikasi : kamarnya tidak sempit, bagi saya ukuran kamarnya cukup nyaman untuk bisa share menginap berdua.

Kamar mandi dan toilet didesain terpisah. Kamar mandi berada pas didekat pintu masuk kamar. Nah, kamar mandinya ini menurut saya unik, karena benar-benar hanya untuk mandi saja. Desain pintunya agak sedikit menerawang, jadi kalau menginap disini dalam rangka tugas dinas kantor, yaa harus bisa memilih teman sekamar yang kita rasa nyaman kalau saat kita mandi akan sedikit kelihatan siluetnya...hahaha, teman sekamar saya saat itu adalah ibu-ibu bercucu 1, untungnya kita cuek-cuek aja deh orangnya karena sudah kenal lama. Ohya kamar mandinya dilengkapi dengan shower air panas dan air dingin, dan sudah disediakan shampoo sekaligus sabun mandi.

Setelah kamar mandi, di tengah-tengah kamar, ada washtafel yang dirangkap fungsinya sekaligus menjadi meja rias, tempat untuk menaruh handuk, dan juga meja kecil untuk menaruh barang-barang kita. Setiap harinya diberikan complimentary drink air mineral sebanyak 2 botol. Saat itu saya memesan kamar double bed dengan pertimbangan bahwa saya hanya menginap selama 1 malam sedangkan teman sekamar saya menginap 2 malam, agar pas saya pulang, teman sekamar saya bisa lebih lega tidurnya di kasur double bed tersebut :)

Fasilitas lainnya tentunya adalah TV. Flat screen TV berukuran 19 inci ini ditempatkan di sudut ruangan dengan fasilitas TV Kabel. Free Wi-fi juga disediakan didalam kamar, dengan password yang diberikan oleh resepsionis pada saat check-in. Wi-finya juga sangat kencang kok, saya tidak mengalami hambatan selama browsing dengan menggunakan handphone didalam kamar.

Paginya, saya sudah berpikir bakalan tidak ada sarapan berhubung judulnya adalah Hotel Budget, tapi ternyata disediakan sarapan berupa prasmanan. Pagi itu saya sarapan kentang panggang dengan kari ayam dan sayuran pok choy. Selain itu disediakan juga roti tawar panggang dengan aneka pilihan selai, juga kopi dan teh. Untuk sarapannya menurut saya cukup enak dan lengkap dengan standar ukuran Hotel Budget.

Mengenai lokasi Hotel, IBIS Budget ini sangat dekat dengan Mall Paragon Semarang, cukup berjalan kaki santai selama 5 menit kita sudah sampai ke Mallnya. Dan juga dekat dengan Bakmi Godog yang sangat terkenal di Semarang, yaitu Bakmi Djowo Pak Doel Noemani, bersebelahan dengan Hotel Novotel, depannya Mall Paragon. Kalau mau ke Simpang Lima, tinggal naik becak kira-kira 15 menitan dari Hotel. Lokasinya sangat strategis bukan :)

Kesimpulannya, saya pasti akan menginap disini lagi kalau saya pergi ke Semarang bersama keluarga. Seriously, you could expect this much with such a minimun budget for a Hotel at IBIS Budget Semarang. Definitely a worth money to spend :) see you again real soon !

greetings, good morning sunshine
front door, the door to the left is to toilet
view from the mirror
TV Cable at the corner
bed for two
love the green and white colour harmony
inside the toilet
shower "room"
peek-a-boo i see you showering :p
washtafel and towel area
behind the washtafel is a small table to put some things
i wanna bring this cute chair home :D
view from our room is Paragon Mall Semarang
cute green door at the bussiness lounge room, at the lobby



see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

2 comments:

  1. Kesannya modern en minimalis ya, Mbak.. Boleh nih dicobak kalok maen ke Semarang nantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kamarnya minimalis tapi tetep manis, menurutku sih gak terlalu sempit, masih cukup nyaman kok buat nginep untuk ukuran 2 orang dewasa

      Delete