blog by anindita: Seminar : How To Be A Cookingpreneur

Sunday 26 April 2015

Seminar : How To Be A Cookingpreneur

Dalam rangka satu dasawarsa Natural Cooking Club (NCC) Indonesia, kemarin pada tanggal 25 April saya mengikuti seminar sehari mengenai How to be A Cookingpreneur yang diadakan sekaligus bekerjasama dengan Prasetiya Mulya School of Bussiness and Economics (PMBS) bertempat di Cilandak, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Acara ini memang diselenggarakan oleh NCC Indonesia, yaitu sebuah wadah milis dimana anggotanya dipersatukan karena minat dan hobby yang serupa pada dunia kuliner, memasak, membuat kue, dan seputarnya. Seminar ini sangat meriah dan sesuai espektansi saya. Tidak tanggung-tanggung, 4 pembicara handal hadir pada seminar sehari ini untuk memberikan materi yang sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Seminar mengenai Cookingpreneur ini banyak membahas mengenai bagaimana kita dapat mengembangkan strategi bisnis rumahan dari dapur kita sendiri. Oleh sebab itu pada seminar ini tentunya banyak dibahas mengenai trik-trik mengelola bisnis, mengelola pekerja, mengolah kemasan poduk jualan kita, sampai dengan memaksimalkan fungsi sosial media sebagai pendongkrak bisnis yang sedang kita geluti, utamanya dalam hal ini adalah bisnis seputar kuliner / makanan.

Saya sendiri mengikuti seminar ini karena didorong oleh cita-cita saya yang ingin memiliki bisnis rumahan dan dari dapur sendiri, sehingga suatu hari nanti saya bisa sesegera mungkin resign dari pekerjaan kantoran dan menekuni bisnis dari rumah. Rasanya ingin segera mewujudkan mimpi saya ini dalam waktu dekat, sehingga bisa terus berada di rumah dan dekat anak-anak saya tersayang, semoga bisa terlaksana, aamiin ya rabbal alamin..

Yang unik dari acara seminar kemarin adalah pesertanya mayoritas ibu-ibu loh. Peserta bapak-bapaknya bahkan bisa dihitung dengan jari saja. Hingga saya bisa mendapat kesimpulan yang menarik bahwa penggiat bisnis kuliner atau makanan rumahan rupanya mayoritas ditekuni oleh para wanita, khususnya bahkan ibu rumah tangga. Semakin membulatkan tekad dan niat saya untuk serius menekuni bidang ini. Ada yang bisnisnya sudah sangat sukses hingga dapat membuka cabang diluar pulau Jawa, ada juga yang omzet pesanananya bahkan sudah mencapai pasar di mancanegara, ada juga yang baru merintis bisnis dan masih bekerja tetap di kantor, dan tentunya ada juga peserta yang seperti saya, yang masih dalam tahap memasak atau membuat kue baru sekedar hobby dan belum sampai ke tahap mata pencaharian utama. Tetapi tidak menjadi masalah, semua berkumpul pada seminar tersebut dengan tujuan yang sama : mencari ilmu, ajang silaturahmi antar anggota milis NCC Indonesia, dan tentunya menambah networking dari orang-orang yang memiliki minat dan passion yang sama di bidang kuliner.

Harga tiket sebesar Rp. 350.000,- sudah termasuk Seminar Kit dan Goodie Bag dari NCC Indonesia dan PMBS. Seminar dimulai pada pukul 9 pagi, dan selesai pukul 5 sore. Selain seminar, juga diadakan bazaar dari para anggota milis NCC Indonesia. Ada juga pembagian doorprize diantara sesi seminar, sayang sekali belum rejeki saya mendapatkan doorprize yang diundi, padahal hadiahnya oke-oke banget loh. Dari mulai cetakan silikon untuk pudding, pisau dari Oxone, sampai dengan grand prize panci presto hingga mikser adonan kue dari Kentwood. Next time harus lebih beruntung nih mendapatkan doorprizenya. Terima kasih yah NCC Indonesia atas acara seminarnya yang sangat meriah, semoga di lain kesempatan bisa bertemu kembali di acara seminar atau workshop membuat kue / masakan lainnya.

peta lokasi acara : prasetiya mulya bussiness school cilandak
seminar kit
sambutan pembuka : ibu fatmah bahalwan, salah satu pendiri NCC Indonesia
suasana seminar
suasana bazaar
hasil buruan di bazaar :
buku resep fatmah bahalwan dan tim NCC - 35 model roti yang mudah dan cantik
tepung premiks zeelandia - zeefine choco moist
tepung premiks zeelandia - rap (tepung custard)


inside the goodie bag :
canvas bag dari NCC Indonesia - how to be a cookingpreneur
saus isian blueberry paletta excellent dari zeelandia (bisa untuk selai, isian roti, isian crepes, saus untuk cheesecake)
mini note book dan mug dari NCC Indonesia
kertas cupcake dari tyu cake tools shop
ballpoint dan USB drive dari PMBS

Menarik yah.. goodie bagnya aja seabrek isinya dan lucu-lucu semua, belum lagi bazaarnya, haduhh bisa kalap memang kalau ngeliat makanan yang dijual disana, pengennya ngeborong, maklum nih emak-emak.. hehehe...gak rugi deh beneran ikutan seminarnya..


see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

4 comments:

  1. pengennyaaaa deh pinter masak ...
    eventnya menarik mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ikutan aja mba event2 dari NCC, menarik semuanya.. Aku juga sebenernya gak jago masak / baking, tapi pas ketemu sama orang2 di seminar2 gitu, jadi semangat pengen belajar lebih giat lagi :) semangaaaatt mbaaa..

      Delete
  2. Pengen ikutaaan.. :D Biaya segitu mah ngga sebanding sama ilmunya ya, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah betuul.. lagipula goodiebagnya juga isinya banyaak dan sangat bermanfaat... yuk yuk mbak ikutan acaranya.. ternyata seru juga ikutan one day seminar begitu, dapat kenalan baru dan ilmu baru :)

      Delete