blog by anindita: Tips : Packing Cermat Untuk Liburan Keluarga

Friday 24 April 2015

Tips : Packing Cermat Untuk Liburan Keluarga

Kalau dilihat-lihat, kalender pada Tahun 2015 ini banyak terdapat hari-hari libur Nasional yang jatuhnya di hari Kamis ataupun Jum'at, sehingga seringkali disebut sebagai Long Weekend. Sebuah keuntungan terutama bagi anda dan pasangan yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan, kuliah, sekolah, atau kesibukan lainnya untuk sejenak istirahat dengan pergi berlibur atau memanjakan diri anda dan orang-orang tersayang disekitar anda. Sama seperti saya dan suami, pada tahun ini kami sedikit lebih jeli dalam perencanaan liburan dengan anak-anak, supaya mendapat liburan yang maksimal walaupun mungkin hanya pergi berlibur selama 1 atau 2 hari.

Pengalaman kami di tahun-tahun sebelumnya, bahwa long weekend biasanya hanya dilalui begitu saja, dan bahkan seringkali tanpa perencanaan yang matang. Kalau sudah begini, urusan packing juga biasanya jadi berpengaruh, karena kurang direncanakan biasanya ada saja kondisi-kondisi yang dialami seperti ini :
* pakaian yang dibawa tidak mencukupi, apalagi kalau membawa balita
* sekalinya bawaan lengkap, hampir 1 lemari isi pakaian yang dibawa, hehehe...
* ada saja barang-barang yang ketinggalan
* saltum alias salah kostum, pakaian yang dibawa kurang match dengan cuaca setempat

Pernah mengalami hal yang serupa seperti diatas? *toss dulu ah kita* hehehe.. Merencanakan liburan seringkali dianggap seperti hal yang terlalu rumit, atau "big effort" apalagi kalau liburannya juga mengajak serta balita kesayangan kita yah.. yang ada didalam pikiran kita sebagai para mommies biasanya nih.. aduuh bakalan packing apa aja yah, mau bawa apa aja yah? Daripada pusing, disini saya ingin mencoba berbagi tips sederhana mengenai packing untuk liburan bersama keluarga, apalagi kalau membawa serta balita kesayangan bunda dan ayah :) 

1. Make a List !
Rencanakan itinerary anda dengan sebaik dan serinci mungkin, Mengapa ini perlu dan ada kaitannya dengan packingan anda? Tentu ada. Contohnya, kalau kita sudah ada jadwal kegiatan, berikut dengan waktu dan tempat, kita bisa mengira-ngira, apakah sempat balik ke tempat penginapan untuk berganti baju atau mandi misalnya? Hal ini tentunya berpengaruh ke jumlah pakaian yang akan dibawa. Pengalaman saya sendiri sewaktu tahun lalu pergi berlibur ke Singapura bersama AZA, karena tidak membuat jadwal yang rinci, jadinya selama jalan-jalan disana malah lebih banyak menghabiskan waktu di luar, kembali ke penginapan hanya menjelang malam, kemudian mandi dan langsung istirahat malam. Jadinya, baju AZA untuk pergi jalan tidak banyak yang terpakai, pulangnya malah timbangan koper hampir overweight karena membeli ini dan itu untuk oleh-oleh. Kalau saya punya rincian dan list yang jelas, kelebihan baju yang dibawa paling tidak bisa diantisipasi sehingga tidak perlu bersusah payah dengan barang bawaan yang kelebihan saat pulang. Saat ini sudah banyak loh template check list lucu dan lengkap yang memudahkan kita untuk mengecek kelengkapan packingan, template bisa didownload di sini atau di sini (yang ini lebih cute templatenya! seperti contoh gambar dibawah ini)

image : google.com

2. Efisienkan barang bawaan
Hindari membawa barang yang terlalu beresiko jika sampai hilang atau bahkan rusak, misalnya : pikirkan dua kali kalau harus membawa kamera canggih lengkap dengan lensa teleskopik. Haduh, daripada liburan kita isinya rempong dengan barang bawaan yang harus selalu dijaga, apalagi kita juga membawa balita, mendingan untuk dokumentasi, gunakan saja kamera pocket biasa, atau bahkan maksimalkan fitur fotografi yang sudah ada di handphone anda, sekarang kan sudah banyak aplikasi canggih untuk fotografi. Mengenai perlengkapan makan minum balita kita juga harus cermat yah bunda dan ayah, tidak perlu membawa semua perlengkapan dapur, manfaatkan fasilitas hotel yang ada (memang sih, tergantung hotel tempat kita menginap juga), maksud saya, jika hotelnya sudah menyediakan kulkas, water heater atau bahkan pantry, berarti kita tidak perlu membawa peralatan masak si bayi, bunda bisa lebih memaksimalkan isi packing untuk pakaian dan oleh-oleh waktu pulang nanti.

image : google.com

 3. Jangan lupakan barang kebutuhan primer
Ini paling penting. Disini saya sebut primer, karena barang-barang ini merupakan travel essentials yang kadang sering terlewat untuk dibawa. Beberapa diantaranya :
* obat-obatan pribadi : terutama yang punya balita, kudu siap deh obat-obatan standar semisal, obat anti mual perjalanan, obat demam, plester luka (you never know until you need it, yes?). Untuk kita jangan lupa bawa pembalut, obat maag, obat sakit kepala, obat asma, dan lainnya.
* perlengkapan gadget : bukan bermaksud untuk sibuk sendiri dengan gadget selama liburan yah.. tapi perlengkapan yang saya maksud disini lebih kepada colokan, charger, power bank. Pastinya bete kan kalau tiba-tiba handphone low bat disaat ingin mengabadikan video atau foto lucu si kecil selama liburan?
* handy tools : karet gelang (paling susah dicari disaat sangat dibutuhkan), plastik untuk membawa pakaian kotor, bolpen untuk menulis misalnya untuk mengisi kartu imigrasi, dan sebagainya.
* mainan kesayangan anak : ini juga penting loh ayah bunda, terutama kalau travelling dengan si buah hati yang masih balita. Tidak perlu membawa semua mainannya, cukup 1 atau 2 barang kesukaannya, agar tenang selama di perjalanan apalagi kalau perjalanannya panjang (saya biasanya membawa krayon dan kertas kosong, untuk mereka menggambar selama di perjalanan).

image : google.com
image : google.com

4. Tetap tampil kece :)
Jangan lupakan penampilan anda selama liburan. Tentunya tidak mau kaan, saat foto kenang-kenangan selama liburan, penampilan kita malah kurang oke. Tidak ada salahnya loh kita memakai pakaian yang lain dari biasanya saat liburan. Lagipula, ini kan liburan kita, sekali-kali kita memanjakan diri dan saatnya pula meliburkan pakaian "kebangsaan" kita di rumah, istirahatkan dulu daster dan kaos oblong anda. Kalau misalnya tujuan wisata kita memiliki cuaca dingin, mungkin ada baiknya membawa sweater, syal, atau bahkan jaket kulit pada packingan anda. Ingin tampil serasi dengan pasangan anda? yuk coba intip koleksi jaket kulit yang ada di Zalora bisa melengkapi penampilan anda selama berlibur kan :)

image : http://www.zalora.co.id/jaket-kulit/

So, what are you waiting for? Selamat merencanakan liburan bersama dengan orang tersayang, dan selamat packing yah :) jangan lupa foto-fotonya selama liburan.



see ya on my next post ;)
do not copy and paste photo without my permission

4 comments:

  1. bikin list perlu ya...biar gak ada lagi yang ketinggalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, salam kenal..
      Iya, kalau saya pribadi lebih senang membuat list barang bawaan, karena biasanya sebagai ibu, kita packing tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga membantu packingan anak dan suami, kalau ada list, lebih memudahkan saya dalam mengecek kelengkapan barang bawaan :)

      Delete
  2. Yang seru emang packing-packingnya, Mbaaak.. :D Tapi aku sering kebanyakan bawak baju sih. Padahal sampek di kota tujuan ngga kepakek :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iyaa betuul.. untuk urusan packing sendiri aku bisa 1 harian penuh ngerjainnya, padahal pas udah pergi, tetepp aja ada yang ketinggalan, walaupun udah pake list juga.. hahaha, tapi meminimalkan barang yang ketinggalan sih memang...

      Delete